Masih banyak guru dan mahasiswa calon guru yang belum sepenuhnya terampil dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran paradigma baru dan asesmen yang semestinya dilakukan. Oleh karena itu, mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan penguatan kepada mahasiswa calon guru sekolah menengah dengan pengetahuan dan keterampilan tentang prinsip pembelajaran paradigma baru dan asesmen yang disajikan secara utuh. Pengetahuan dan keterampilan tersebut meliputi merancang kegiatan pembelajaran; menciptakan lingkungan kelas yang aman, nyaman dan berpihak pada semua yang terlibat dalam pembelajaran, termasuk peserta didik, guru, dan asisten guru dengan menggunakan prinsip ekosistem pembelajaran; serta mengelola pembelajaran yang efektif dan reflektif.
- Mahasiswa mampu menelaah perencanaan pembelajaran dan asesmen yang disusun guru (S1, P3, KU2, KK3)
- Mahasiswa mampu merancang perencanaan pembelajaran dan asesmen (S1, P3, KU2, KK3)
- Mahasiswa mampu menelaah kesesuaian pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik (S1, P3, KU4, KK3)
- Mahasiswa mampu merancang dan menciptakan lingkungan kelas yang aman, nyaman dan berpihak pada peserta didik (S1, P3, KU4, KK3)
- Ujian Tengah Semester (Mahasiswa mampu memberi argumentasi terhadap perencanaan pembelajaran dan asesmen yang telah disusun)
- Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran dan asesmen yang efektif (S1, P4, KU2, KK3)
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan melaporkan praktik pembelajaran dan asesmen secara efektif (S1, P4, KU4, KK3)
- Mahasiswa mampu melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan asesmen (S1, P4, KU2, KK3)
- Ujian Akhir Semester (Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan penguji dengan tepat, tentang materi minggu ke 9-15 secara lisan maupun tulisan)
Posting Komentar
Posting Komentar