Prinsip Pengajaran dan Assesmen yang Efektif 1

Posting Komentar


Prinsip Pengajaran dan Assesmen yang Efektif

    Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I di Sekolah Menengah ini fokus pembahasannya pada pembelajaran paradigma baru dan asesmen yang diterapkan pada Kurikulum MERDEKA. Pembelajaran paradigma baru merupakan rangkaian siklus yang dimulai dengan pemetaan standar kompetensi, perencanaan proses pembelajaran, dan pelaksanaan asesmen untuk memperbaiki pembelajaran sehingga peserta didik mampu mencapai kompetensi yang sudah ditentukan.

    Mata kuliah ini diharapkan mampu memperkuat pengetahuan dan keterampilan mahasiswa calon guru tentang prinsip-prinsip pembelajaran dan asesmen yang efektif melalui observasi dan praktik secara nyata di sekolah-sekolah mitra. Penyempurnaan maupun perubahan modul ini di masa mendatang senantiasa terbuka dan menjadi sebuah keniscayaan mengingat perkembangan situasi, kebijakan dan peraturan yang terjadi secara terus menerus. Harapan kami semoga modul ini dapat memberikan manfaat bagi peningkatan profesionalisme guru sekolah menengah.

    Masih banyak guru dan mahasiswa calon guru yang belum sepenuhnya terampil dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran paradigma baru dan asesmen yang semestinya dilakukan. Oleh karena itu, mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan penguatan kepada mahasiswa calon guru sekolah menengah dengan pengetahuan dan keterampilan tentang prinsip pembelajaran paradigma baru dan asesmen yang disajikan secara utuh. Pengetahuan dan keterampilan tersebut meliputi merancang kegiatan pembelajaran; menciptakan lingkungan kelas yang aman, nyaman dan berpihak pada semua yang terlibat dalam pembelajaran, termasuk peserta didik,  guru, dan asisten guru dengan menggunakan prinsip ekosistem pembelajaran;  serta mengelola pembelajaran yang efektif dan reflektif.


Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I di Sekolah Menengah

  1. Mahasiswa mampu menelaah perencanaan pembelajaran dan asesmen yang disusun guru (S1, P3, KU2, KK3)
  2. Mahasiswa mampu merancang perencanaan pembelajaran dan asesmen (S1, P3, KU2, KK3)
  3. Mahasiswa mampu menelaah kesesuaian pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik (S1, P3, KU4, KK3)
  4. Mahasiswa mampu merancang dan menciptakan lingkungan kelas yang aman, nyaman dan berpihak pada peserta didik (S1, P3, KU4, KK3)
  5. Ujian Tengah Semester (Mahasiswa mampu memberi argumentasi terhadap perencanaan pembelajaran dan asesmen yang telah disusun)
  6. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran dan asesmen yang efektif (S1, P4, KU2, KK3)
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan dan melaporkan praktik pembelajaran dan asesmen secara efektif (S1, P4, KU4, KK3)
  8. Mahasiswa mampu melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan asesmen (S1, P4, KU2, KK3)
  9. Ujian Akhir Semester (Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan penguji dengan tepat, tentang materi minggu ke 9-15 secara lisan maupun tulisan)
Topik Pembelajaran Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I di Sekolah Menengah

Topik 1. Telaah perencanaan pembelajaran dan asesmen yang disusun guru
Topik 2. Merancang Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen
Topik 3. Telaah Kesesuaian Pembelajaran Dengan Tingkat Capaian dan Karakteristik Peserta Didik
Topik 4. Lingkungan kelas yang aman, nyaman, dan berpihak pada ekosistem pembelajaran
Topik 5. Pelaksanaan pembelajaran dan asesmen yang efektif
Topik 6. Laporan praktik pembelajaran dan asesmen yang efektif
Topik 7. Refleksi terhadap praktik pembelajaran dan asesmen

Related Posts

Posting Komentar