Proyek Kepemimpinan 1

Posting Komentar

 

Proyek Kepemimpinan

    Mata kuliah Projek Kepemimpinan ini ingin mengembangkan kemampuan kepemimpinan mahasiswa melalui kegiatan service learning berbasis sekolah atau komunitas dalam bentuk projek. Dengan belajar lewat projek ini, mahasiswa diharapkan dapat mengasah kepekaan mereka berikut para pihak dalam ekosistem di mana sekolah atau komunitas berada akan kebutuhan dan tantangan pembelajaran peserta didiknya, serta mengembangkan inisiatif dan strategi yang memungkinkan gotong-royong berbagai unsur untuk memenuhi kebutuhan dan melampaui tantangan tersebut.

    Paling tidak, ada dua cara yang efektif digunakan untuk menumbuhkan guru pemimpin. Yang pertama adalah dengan memodelkan karakter seorang pemimpin ketika berinteraksi dengan para mahasiswa, dan yang kedua adalah memberikan kesempatan pada para mahasiswa untuk langsung memegang kendali kepemimpinan dan menggunakan keterampilan kepemimpinan mereka, jadi tidak sekedar belajar tentang teori-teori kepemimpinan. Untuk itulah maka dalam mata kuliah Projek Kepemimpinan ini disediakan suasana belajar dan proses pembelajaran kepemimpinan dengan model eksperiensial.

    Oleh karena itu, tidaklah berlebihan jika lewat projek kepemimpinan ini, para mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan sosial-emosional, manajemen projek, kerjasama-kolaborasi, analisis kebutuhan, pengambilan keputusan, dan empati terhadap peserta didik yang mereka layani di sekolah maupun di komunitas. mahasiswa diharapkan dapat tergerak serta bergerak untuk melakukan pengamatan, identifikasi kebutuhan, dan menyusun terobosan, atau alternatif pilihan inovasi yang dapat menggerakkan, relevan, kontekstual, sekaligus menantang, demi meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di sekolah atau komunitas.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Proyek Kepemimpinan 1

1.1. Mengembangkan kerangka kepemimpinan untuk pembelajaran yang menerapkan prinsip kesinambungan/sustainability (menggunakan Sustainability NEWS untuk membantu fokus dalam penyusunan rencana peningkatan kualitas layanan pendidikan bagi murid dengan memberdayakan kekuatan, serta memanfaatkan peluang yang ada dalam empat domain di sekolah/komunitas).

1.2. Mengembangkan kerangka kepemimpinan untuk pembelajaran yang menerapkan prinsip perubahan: kolektif (memungkinkan keterlibatan berbagai unsur di sekolah), partisipatif (kontribusi dan rasa kepemilikan yang tulus berpusat pada kepentingan murid), inovatif (fokus pada kualitas pengalaman belajar murid), dan berkelanjutan (terintegrasi dalam sistem dan budaya sekolah).

2.1. Mengembangkan projek kepemimpinan yang menjalankan prinsip student-oriented (dengan menetapkan visi dan keyakinan yang berpusat pada pemenuhan kepentingan belajar peserta didik).

2.2. Mengembangkan projek kepemimpinan yang menjalankan prinsip appreciative inquiry dengan menggali dan mengungkap kenyataan-kebiasaan-pencapaian positif di sekolah dan sistem pendidikan yang dapat menguatkan upaya penyediaan pengalaman belajar berkualitas bagi peserta didik.

2.3. Mengembangkan projek kepemimpinan yang menjalankan prinsip kreatif-inovatif (dengan mendesain inisiatif dan strategi perubahan yang bermakna dan dapat berjalan terus secara berkesinambungan).

3.1. Mengembangkan tim pengelola projek kepemimpinan dengan menerapkan prinsip kepemimpinan dan pelayanan (dalam filosofi Ki Hajar Dewantara: Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani). 

3.2. Mengembangkan tim pengelola projek kepemimpinan dengan menerapkan prinsip reflektif dan produktif (yang terus membangun suasana belajar dan proses pembelajaran dalam tim sehingga hubungan antar anggotanya profesional, positif, dan produktif).

4.1. Mengomunikasikan proses dan hasil dari projek kepemimpinan dengan menerapkan prinsip pengambilan keputusan inovatif (yang berangkat dari data/fakta/kenyataan tentang kekuatan/potensi sekolah/komunitas). 

4.2. Mengomunikasikan proses dan hasil dari projek kepemimpinan dengan menerapkan prinsip pemaparan laporan menggunakan alur/kerangka presentasi yang efektif dan efisien. 

4.3. Mengomunikasikan proses dan hasil dari projek kepemimpinan dengan menerapkan prinsip storytelling dan gratitude (dalam refleksi pengambilan makna tiap anggota terkait proses dan hasil kerja kelompok).

Topik Pembelajaran Mata Kuliah Proyek Kepemimpinan 1

Topik 1. Visi Guru Profesional

Topik 2. Pemetaan Tantangan dan Kekuatan Komunitas

Topik 3. Perencanaan Implementasi dan Manajemen Projek

Topik 4. Projek Monitoring, Evaluasi, dan Laporan Akhir

Topik 5. Proposal Projek dan Strategi Komunikasi

Related Posts

Posting Komentar