Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya
Pada Mata Kuliah Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya terdiri dari :
Durasi | 2 Petemuan |
Capaian Pembelajaran | Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa dapat |
- Mampu menunjukkan pemahaman tentang belajar dan teori-teori belajar
- Mampu menjelaskan dengan bahasa sendiri dan pemahaman mengenai motivasi belajar
- Menunjukkan kesiapan belajar dengan pola pikir yang bertumbuh (growth-mindset)
|
Durasi | 2 Petemuan |
Capaian Pembelajaran | Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa dapat |
- Mampu menunjukkan partisipasi aktif dalam mendiskusikan teori-teori perkembangan peserta didik
- Menunjukkan pemahaman mengenai konsep perkembangan
- Mampu menunjukkan pemahaman mengenai tahap-tahap perkembangan dan indikator di setiap tahap perkembangan berkaitan dengan belajar dan kaitannya dengan konteks sosial budaya peserta didik.
|
Durasi | 2 Petemuan |
Capaian Pembelajaran | Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa dapat |
- Menunjukkan kemampuan mengobservasi peserta didik di kelas
- Menunjukkan kemampuan pemahaman karakteristik peserta didik dengan profil yang ringkas dan informatif
|
(1) Pembelajaran Berdiferensiasi (developmentally appropriate practice), (2) Pengajaran yang Responsif Kultur (culturally responsive pedagogy), dan (3) Pengajaran Sesuai Level (teaching at the right level)
Durasi | 4 Petemuan |
Capaian Pembelajaran | Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa dapat |
- Menunjukkan pemahaman strategi pendekatan dalam pembelajaran
- Menunjukkan sikap terbuka untuk mau belajar hal yang baru
- Menunjukkan sensitivitas terhadap kebutuhan dan kondisi peserta didik
|
Durasi | 1 Petemuan |
Capaian Pembelajaran | Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa dapat |
- Mampu membuat rencana pengukuran yang dilakukan selama pembelajaran di sekolah
- Mampu melakukan proses evaluasi diri dan refleksi sebagai salah satu alat pengukuran
- Mampu menunjukkan keterampilan observasi dan pedagogik
|
Durasi | 4 Petemuan |
Capaian Pembelajaran | Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa dapat |
- Mempraktikkan kemampuan pedagogik dalam proses pembelajaran
- Menunjukkan kemampuan observasi
- Menerapkan kemampuan dalam penggunaan strategi pendekatan yang sesuai
- Menunjukkan kemampuan dalam mengevaluasi proses pembelajaran dan berpikir reflektif
- Mampu menerapkan strategi pendekatan pembelajaran yang kontekstual (sesuai kebutuhan peserta didik, sesuai tahap perkembangan, sesuai kultur budaya, dan kemampuan belajar peserta didik)
- Mampu menyajikan program pembelajaran yang telah dilakukan, dievaluasi dan direfleksikan.
|
Posting Komentar
Posting Komentar