Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran

Posting Komentar

 
Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya


Pada Mata Kuliah Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya terdiri dari :

Durasi

2 Petemuan

Capaian Pembelajaran

Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa dapat

  1. Mampu menunjukkan pemahaman tentang belajar dan teori-teori belajar
  2. Mampu menjelaskan dengan bahasa sendiri dan pemahaman mengenai motivasi belajar
  3. Menunjukkan kesiapan belajar dengan pola pikir yang bertumbuh (growth-mindset)


Durasi

2 Petemuan

Capaian Pembelajaran

Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa dapat

  1. Mampu menunjukkan partisipasi aktif dalam mendiskusikan teori-teori perkembangan peserta didik
  2. Menunjukkan pemahaman mengenai konsep perkembangan
  3. Mampu menunjukkan pemahaman mengenai tahap-tahap perkembangan dan indikator di setiap tahap perkembangan berkaitan dengan belajar dan kaitannya dengan konteks sosial budaya peserta didik.


Durasi

2 Petemuan

Capaian Pembelajaran

Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa dapat

  1. Menunjukkan kemampuan mengobservasi peserta didik di kelas
  2. Menunjukkan kemampuan pemahaman karakteristik peserta didik dengan profil yang ringkas dan informatif


(1) Pembelajaran Berdiferensiasi (developmentally appropriate practice), (2) Pengajaran yang Responsif Kultur (culturally responsive pedagogy), dan (3) Pengajaran Sesuai Level (teaching at the right level)

Durasi

4 Petemuan

Capaian Pembelajaran

Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa dapat

  1. Menunjukkan pemahaman strategi pendekatan dalam pembelajaran
  2. Menunjukkan sikap terbuka untuk mau belajar hal yang baru
  3. Menunjukkan sensitivitas terhadap kebutuhan dan kondisi peserta didik


Durasi

1 Petemuan

Capaian Pembelajaran

Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa dapat

  1. Mampu membuat rencana pengukuran yang dilakukan selama pembelajaran di sekolah
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri dan refleksi sebagai salah satu alat pengukuran
  3. Mampu menunjukkan keterampilan observasi dan pedagogik


Durasi

4 Petemuan

Capaian Pembelajaran

Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa dapat

  1. Mempraktikkan kemampuan pedagogik dalam proses pembelajaran
  2. Menunjukkan kemampuan observasi
  3. Menerapkan kemampuan dalam penggunaan strategi pendekatan yang sesuai
  4. Menunjukkan kemampuan dalam mengevaluasi proses pembelajaran dan berpikir reflektif
  5. Mampu menerapkan strategi pendekatan pembelajaran yang kontekstual (sesuai kebutuhan peserta didik, sesuai tahap perkembangan, sesuai kultur budaya, dan kemampuan belajar peserta didik)
  6. Mampu menyajikan program pembelajaran yang telah dilakukan, dievaluasi dan direfleksikan.


Related Posts

Posting Komentar