Lembar Kerja Peserta Didik
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menjelaskan permasalahan yang terjadi berdasarkan artikel yang disediakan mengenai kerusakan ekosistem.
2. Peserta didik dapat memberikan sudut pandang mengenai permasalahan yang terjadi berdasarkan artikel yang disediakan mengenai kerusakan ekosistem.
3. Peserta didik dapat menguraikan kondisi sungai pada peta berdasarkan data melalui studi literatur.
4. Peserta didik dapat menerapkan konsep keseimbangan ekosistem melalui studi literatur terkait kegiatan restorasi sungai.
5. Peserta didik dapat memiliki empati melalui pengajuan pertanyaan kepada teman yang terdampak bencana alam.
6. Peserta didik dapat mencatat konsep diri setelah pelaksanaan pembelajaran.
Kegiatan 1. Bacalah artikel berikut Ekosistem Hutan dan Perairan Indonesia Mengkhawatirkan
Indonesia terkenal sebagai negara megadioversity nomor dua di dunia
setelah Brasil. Keanekaragaman sumber daya alam yang melimpah serta
karakteristik ekosistem tropis menjadi ciri khas khusus negara ini. Namun,
kekayaan alam yang melimpah ini belum diimbangi kesadaran penuh untuk menjaga
dan merawat lingkungan. Dari berbagai macam ekosistem yang terdapat di
Indonesia seperti ekosistem air laut, air tawar, pantai, hutan, ternyata
ekosistem hutan dan perairan tengah mengkhawatirkan kondisinya. Bencana banjir,
kekurangan air bersih, serta berbagai macam gangguan kesehatan yang terjadi
saat ini, karena dampak ketidakseimbangan kedua ekosistem ini...
Pertanyaan
1. Masalah apakah yang sedang terjadi di Indonesia saat ini?
2. Bagaimana pandanganmu terhadap permasalahan tersebut?
Untuk memberikan jawaban , klik tombol di bawah untuk masuk ke forum diskusi kelas.
Ruang Kolaborasi Kegiatan 1.
Posting Komentar
Posting Komentar